Kegiatan Menulis di Daerah Pelosok

Hari Rabu tanggal 10 Juni 2020 jam 19.00 – 21.00 mengikuti pelatihan menulis dengan narasumber Bapak Agung Pardini Master Teacher Sekolah Guru Indonesia. Materi yang disampaikan tentang kegiatan menulis di daerah pelosok.

Aktivitas menulis di daerah pelosok memiliki tantangan dan kendala yang besar yaitu
  1. Gaya bahasa. Beberapa istilah dalam bahasa Indonesia yang dimaknai secara berbeda di daerah. Hal ini menimbulkan kesalahan arti dalam memahami bacaan.
  2. Penggunaan komputer. Banyak guru di daerah pelosok yang belum mengenal MS Office. Ada guru yang belum mengenal laptop dan computer. Memegang laptop saja belum pernah apalagi menggunakan laptop.
  3. Listrik. Beberapa wilayah belum ada listrik, ada yang listrik itu menyala secara bergantian, ada yang listrik itu hanya menyala malam hari saja.
  4. Ejaan yang belum disempurnakan. Hasil tulisan belum sesuai ejaan yang disempurnakan. Tulisan menggunakan ejaan yang tidak benar.

Cara pengatasi kendala tersebut yaitu dengan pendampingan intensif. Para konsultan dan guru relawan akan melakukan pendampingan dan bimbingan selama kurang lebih setahun. Butuh kesabaran dari relawan.

Cara unik untuk mengajari  guru menulis di daerah pelosok yaitu dengan cara membuat jurnal perjalanan guru. Setiap malam guru menulis pengalaman mereka selama mengajar di hari itu. Hari berikutnya jurnal tersebut dikumpulkan untuk diapresiasi dan ditanggapi. Menulis jurnal setiap hari ini dapat melatih kepekaan literasi.

Seorang guru harus memiliki kemampuan menulis. Menulis bisa dalam bentuk buku, jurnal penelitian, PTK, cerpen, puisi, modul, LKS, bank soal. Menulis itu dapat melatih ketajaman pemikiran.

Merangkai kata dalam bentuk tulisan bukan pekerjaan mudah, membutuhkan kesabaran. Supaya lancar menulis maka harus banyak membaca. Tulislah apa yang kita pikirkan, kita lakukan, yang kita ucapkan. Supaya kita banyak ide maka kita membutuhkan teman diskusi dan komunitas menulis. 

Buku yang sudah diterbitkan oleh dompet dhuafa bisa di download di link




Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini