Resume 5 Workshop Belajar Menulis Gelombang 10

Pertemuan 5             : Jum’at, 01 Mei 2020
Waktu                        : Pukul 13.00 – 15.00 WIB
Pemateri                    : Dadang Kadarusman
Topik                          : Motivasi Menulis Setiap Hari dan Menerbitkan Buku
Peresume                  : Indayatmi, S.Pd.,M.Sc.


Tantangan terbesar adalah menulis setiap hari sampai dihasilkan tulisan yang berkualitas sehingga menarik bagi penerbit untuk menerbitkan tulisan kita. Penerbit akan mendatangi kita jika skill menulis kita sudah sesuai dengan yang dicari oleh penerbit. Pelajaran pertama yang bisa diambil yaitu menerbitkan buku adalah sesuatu yang mudah.
Menulis setiap hari membutuhkan trik dan skill. Menulis setiap hari merupakan hal yang sangat surprice karena banyak penulis yang berhasil menerbitkan banyak buku ternyata tidak menulis setiap hari. Sekarang itu ada ghostwriter yaitu orang yang menulis dari ide atau tulisan orang lain, dari tulisan tersebut diolah menjadi tulisan yang diterbitkan, sedangkan nama yang tertulis di buku tersebut adalah nama ghostwriter tersebut. Yang baik adalah mengasah menulis sendiri setiap hari sehingga tidak bergantung kepada orang lain untuk menerbitkan buku.

Menulis setiap hari harus dilakukan dengan alasan sebagai berikut :
  1. jika kita terbiasa menulis setiap hari maka akan terbiasa menuangkan ide dalam bentuk tulisan. Menulis setiap hari akan menggerakkan jemari kita dalam menuangkan ide dengan lancar. Seorang pendidik lebih banyak menggunakan lisan daripada menulis sehingga perlu dikembangkan kebiasaan menulis setiap hari. Pendidik sulit menulis artikel karena tidak biasa menggerakkan jarinya untuk meuangkan ide di pikiran dalam bentuk tulisan.
  2. Menulis setiap hari dapat menjaga keselarasan antara  otot-otot tubuh dan jiwa. Jika kita sudah terbiasa menulis, melihat apapun maka ingin menerjemahkan yang dilihat tersebut dalam bentuk tulisan dan itu terjadi secara reflex. Bagi orang yang tidak terbiasa menulis, jika merasakan sesuatu perasaan maka akan dipendam perasaan itu atau membutuhkan seseorang yang mau mendengarkannya, padahal belum tentu orang yang kita ajak bicara itu mau mendengarkannya. Jika seseorang terbiasa menulis maka orang tersebut mempunyai teman untuk menulis yaitu selembar kertas atau smartphone atau laptop tempat mencurahkan perasaannya.
  3. menulis setiap hari merupakan healing remedy. Jika terbiasa menulis maka menjadi pribadi yang lebih sehat


Menulis setiap hari harus didasari oleh dorongan ingin berbagi pengetahuan. Hal ini sesuai dengan jiwa pendidik kita untuk selalu berbagi pengetahuan. Menulis jangan didasari untuk mencari uang karena itu akan membuat kita kecewa jika tulisan kita tidak bisa menghasilkan uang.

Kesimpulan
Menulis setiap hari harus dilakukan karena seorang penerbit buku sejati bukan orang yang meminta bantuan orang lain untuk menuliskan naskah bukunya, melainkan orang yang memiliki kemampuan menuliskan sendiri naskahnya secara mandiri.
Kemampuan menulis dapat diasah dengan cara berkomitmen untuk tidak melewatkan 1 haru pun dalam hidup tanpa menulis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini