Menumbuhkan Motivasi Menulis Buku

Apakah semua guru bisa menulis buku ?
Semua guru bisa menulis buku, kenyataan yang ditemui guru yang tidak mau menulis buku. Menulis untuk mengungkapkan gagasan, ide, perasaan. Semua orang mempunyai gagasan dan ide sehingga semua bisa menulis. Ketika kita menulis maka kita tidak usah memikirkan tata kalimat, tanda baca atau huruf kapital. Yang penting kita menulis saja. Menulis sebisanya dan tidak perlu takut salah.

Mengapa guru tidak menulis buku ?
Guru tidak menulis itu disebabkan belum menemukan alasan mengapa harus menulis dan tidak tahu caranya menulis. Yang harus dilakukan oleh guru yaitu menulislah terus, walaupun tulisan tersbut awalnya kurang bagus tetapi kalau kita selalu berlatih maka lama-lama akan menjadi bagus. Supaya dihasilkan tulisan yang bagus maka penulis membutuhkan vitamin seorang penulis yaitu teori menulis dan sering membaca buku.

Bagaimana cara menumbuhkan motivasi dalam menulis buku ?
  •  Tumbuhkan rasa percaya diri, kita tidak usah takut salah, kesalahan itu akan adalah keberhasilan yang tertunda.
  • Mananamkan ke dalam hati kita menulis untuk membantu siswa supaya bisa belajar dari buku yang kita tulis.
  • Menumbuhkan niat menulis untuk beribadah dengan cara membagi ilmu. Jika buku kita selalu dibaca oleh orang lain maka akan menjadi lading amal untuk kita.


Langkah apa yang harus ditempuh supaya kita selalu menulis ?
  • ·      Menulislah tanpa memperhatikan tata kalimat terlebih dahulu.
  • ·   Kapanpun, dimanapun jika muncul ide menulis maka segera tulis dalam coretan kertas atau direkam dengan HP
  • ·  Untuk mengawali bisa dengan menulis buku kumpulan puisi, kumpulan cerpen. Kalau puisi lebih dari  20 nilai 2, kalau lebih dari 40 nilai 4. Kalau cerpen lebih dari 10 nilai 2 dan kalau lebih dari 20 nilai 4
  • ·  Tulislah artikel popular yang hanya berisi 3 sampai 5 halaman, baca terus dan kirimkan ke majalah atau surat kabar misalnya ke radar. Satu kali terbit maka nama kita akan dicatat oleh Tim redaktur
  • ·     Lanjutkan menulis ke buku umum, buku pelajaran, buku motivasi.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini